Ramadhan dan Produktivitas

Tidak terasa kita sudah memasuki puasa hari ke 8. Apa kabar kita yang berpuasa? Masih beradaptasi? Atau puasa sudah sangat biasa? Puasa sudah seperti hari-hari biasanya?

Jujur, minggu pertama bagi saya pribadi berjalan sangat mulus. Tapi, ada tapinya. Seharian selama seminggu pertama saya hanya tidur-tiduran. Dan itu berlangsung sampai kemarin.

Hari ini, dalam bentuk protes saya terhadap diri sendiri, saya mutusin untuk keluar asrama dan menuju perpustakaan. Entahlah apa yang akan saya kerjakan nanti disini. Yang penting saya tidak malas-malasan di atas kasur.

That being said, mari membahas tentang puasa dan produktivitas. Apakah kedua hal ini berkesinambungan? Mungkinah bagi seseorang untuk terus aktif dalam pekerjaannya sehari-hari meski sedang berpuasa?

Jawaban saya adalah ia dan tidak dan relatif.

Ia, kalau pekerjaan belangsung didalam ruangan. Dan kemungkinan tidak jika pekerjaan berlangsung diluar ruangan. Mengingat Turki khususnya saat ini sedang musim panas. Cuaca sedang panas-panasnya. Barusan pas saya jalan dari asrama ke perpus, jaraknya sekitar 300 meter, itu saja sudah buat saya ngos-ngosan. Tenggorokan saya langsung kering HEHE.. Dan kembali lagi, ini sangat relatif kepada individunya lagi. Beberapa orang memang memiliki fisik yang lebih kuat sehingga walaupun sedang berpuasa masih kuat untuk kerja lapangan. Bahkan kemungkin pekerja bangunan tetap puasa walaupun harus bekerja dibawah terik matahari.

Walaupun pekerjaan yang membutuhkan kekuatan fisik agak tidak memungkinkan selama bulan puasa, ada bentuk produktivitas lain yang kita bisa giatkan. Bagi workaholic, jangan berkecil hati kalau produktivitas kalian menurun selama ramadhan. Ada bentuk produktivitas lain yang harusnya bisa membuat kalian bangga. Ibadah, misalnya. Nah, perasaan produktif yang biasanya kita dapatkan dari mengerjakan sesuatu hal duniawi selama bulan-bulan lainnya, di bulan ramadhan bisa disubtitusikan dengan mengerjakan hal-hal yang berkontribusi bagi akhirat nanti. Ibadah-ibadah khas bulan ramadhan seperti mengkhatamkan Al-Qur’an, tarawih, dan ibadah-ibadah lainnya. Termasuk berbagi buka puasa HEHE..

Jadi, walaupun berpuasa masih bisa produktif ko. Walaupun bentuk produktif-nya sedikit berbeda. So, seberapa produktifkah kalian di hari ke-8 puasa kali ini? Ayo, sudah berapa juz?

Ayo tetap produktif walaupun sedang berpuasa!

NB:
-         -Audience tulisan ini sebenarnya diri sendiri yang selama seminggu pertama ini masalas-malasan terus.  :D
- Illustration by productivemuslim.com
-

0 comments: