Tour Asrama Pemerintah Turki (KYK)

Selama lima tahun di Turki, cuma tahun pertama doang saya tinggal di apartemen. Kecuali selama musim panas, terkadang saya menumpang di apartemen teman-teman Indonesia yang ada di Izmir dan Manisa. HEHE 

Memasuki tahun kedua saya pindah kota (awalnya di kota Adana pindah ke kota Manisa.) Kampus juga otomatis berubah. Awalnya Cukurova Universitesi menjadi Celal Bayar Universitesi. Di Cukurova Universitesi saya hanya berhasil meneyelesaikan program TOMER atau persiapan bahasa Turki. Untuk program S1, saya selesaikan di Celal Bayar Universitesi, Jurusan Sastra Inggris yang Alhamdulillah baru lulus akhir Juni kemarin.

Selama 4 tahun di kota Manisa, saya tinggal di KYK atau asrama milik pemerintah Turki dan lanjut tinggal disana sampai lulus. Sempat 1 semester saya tidak tinggal di KYK karena mengikuti program pertukarang pelajar (Erasmus+) di Rumania. Namun sepulang saya dari Rumania, saya kembali ke KYK dan Alhamdulillah di terima lagi. Saya bilang Alhamdulillah karena masuk KYK itu susah banget. Apalagi bagi mahasiswa non-beasiswa YTB.

Untuk info mengenai cara masuk KYK bagi mahasiswa non-beasiswa bisa baca disini: https://adhariabroader.blogspot.com.tr/2016/03/cara-tinggal-di-kyk-bagi-mahasiswa-non.html

KYK sendiri memiliki banyak jenis. Ada KYK yang dimiliki oleh pemerintah secara penuh ada juga KYK yang disebut yari ozel atau separuh swasta. Selain fasilitas yang disediakan berbeda, kedua jenis KYK ini juga menawarkan harga yang berbeda pula. Di KYK yang sepenuhnya dimiliki pemerintah harganya lebih murah, namun bentuk fisik bangunan dan fasilitas sedikit tua. Untuk jumlah orang perkamar-pun terkadang lebih banyak. Biasanya di KYK sepernuhnya dimiliki pemerintah jumlah orang perkamar bisa mencapai 8 orang. Untuk KYK yari ozel, biaya yang ditetapkan lebih mahal (bisa mencapai 2 kali lipat harga di KYK milik pemerintah sepenuhnya). Namun fasilitas yang disediakan sedikit lebih baik, seperti jumlah orang perkamar hanya 3 sampai 4 orang, fasilitas didalam kamar ada kamar mandi, meja belajar, kulkas mini dan lain-lain.

Kebetulan, saya sudah mencoba dua jenis KYK ini. Semester 1 sampai semester 4 di Manisa saya tinggal di KYK yang sepenuhnya milik pemerintah dan harus berbagi kamar dengan 8 orang Turki lainnya. Waktu itu sempat ada orang Uygur juga di kamar saya. Jadi 2 orang asing, selebihnya orang Turki. Memasuki semester 5, KYK membuka cabang baru didekat kampus. Suatu berita yang baik karena artinya bisa jalan kaki ke kampus. Tetapi asrama yang dibuka separuh swasta, otomatis biaya akan lebih mahal. Setelah menghitung biaya transportasi dan biaya asrama yang saya harus keluarkan jika saya memilih tetap tinggal di asrama KYK yang sepenuhnya milik pemerintah; yang hasilnya hanya berbading tipis. Di KYK sepenuhnya milik pemerintah saya harus membayar 160TL dan biaya transportasi menuju kampus sebulan sebanyak 60TL. Total 220. Sebaliknya, biaya yang harus saya keluarkan untuk tinggal di asrama yari ozel sebanyak 245 TL. Hanya beda 15 TL.

Dengan pertimbangan bahwa saya tidak mau menghabiskan waktu sampai 100 menit pulang pergi kampus setiap hari, akhirnya saya memutuskan untuk tinggal di Yunus Emre KYK Erkek Yurdu, Muradiye, Manisa (asrama KYK yang yari ozel). Sampai saya keluar dari KYK hari Senin kemarin, biaya bulanan KYK Yunus Emre adalah 265TL, belum termasuk 350TL uang deposito saat pertama mendaftar. Akan dikembalikan saat keluar dari KYK jika tidak merusak properti asrama.

Mau tau bagaimana bentuk kamar saya di Yunus Emre KYK Erkek Yurdu?

Tampak Depan Asrama
 
Tampak Lobby 

Kamar Saya. Blok B Lantai 6 No. 620. Pintu Kamar dilengkapi sistem kartu. Jadi hanya pemilik kamar dan tukang bersih-bersih saja yang bisa memasuki kamar.










Kasur saya selama 1 setengah tahun terakhir

 
Kamar Mandi en-suite. Dilengkapi shower dan WC duduk



 
koridor asrama lantai Blok B lantai 6
 
Pemandangan pagi dari jendela kamar



Ada beberapa fasilitas asrama yang belum sempat terdokumentasi seperti ruang laudry, mushala, mesjid dan ruang makan. Kemungkinan ada di hape saya. Tapi untuk sementara ini belum ketemu. Nanti kalau sudah ketemu saya masukin ke postingan ini lagi.

Sekian :)



















0 comments: